Rabu, 11 Januari 2012

Bohong, Ancaman Badai Katrina di Jakarta

BMKG menegaskan Indonesia atau khususnya Jakarta tidak akan dilewati badai Katrina
Awan gelap di Jakarta
Masyarakat Jakarta diminta tidak mempercayai informasi dari situs jejaring sosial yang menyebutkan akan terjadi badai Katrina di Jakarta dan sekitarnya pada Rabu sore ini, 11 Januari 2011.

Kepala Subbidang Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG, Kukuh Ribudiyanto, menegaskan Indonesia atau khususnya Jakarta tidak akan dilewati badai Katrina.

Kata Kukuh, yang mungkin terjadi adalah siklon tropis atau pusaran angin yang akan melanda kawasan selatan Indonesia seperti Samudera India, Timur Jawa dan NTT. Posisinya pada lintang 10 ke selatan dan lintang 10 ke utara.

"Badai Katrina adanya di Amerika, kalaupun ada potensi siklon tropis di bagian Selatan Indonesia. Kalau Jakarta itu 6 atau 7 derajat lintang Selatan. Badai Katrina hidup pada posisi 10 lintang ke atas. Jadi tak akan terjadi di Jakarta dan sekitarnya," katanya lagi.

Ditambahkan Kukuh berita mengenai ancaman badai Katrina itu bohong. Siklon tropis tidak masuk ke Indonesia. Tapi bila ada, dampaknya tidak akan langsung. "Paling hujan deras seperti yang terjadi pada hari Kamis lalu," katanya.

Karena itu, masyarakat diminta untuk tidak panik, dan jangan langsung percaya informasi yang validitasnya diragukan. Masyarakat bisa menghubungi, atau meminta informasi yang benar kepada BMKG.

"Saran kita, karena potensi hujan sampai saat ini masih tinggi, daerah- daerah potensi banjir harus waspada, karena dalam tiga hari kedepan intensitas hujan masih tinggi," katanya.

Sementara informasi yang menyebar melalui jejaring sosial adalah sebagai berikut:

"Jkt sore ini jam 17-20 dilanda hujan badai dan angin puting beliung..Hati2 ya.. BMKG memprediksikan akan terjadi badai KATRINA di Jakarta dan sekitarnya. Badai Katrina pernah terjadi di Florida dan menelan banyak sekali korban... BMKG mengumumkan agar warga Jakarta dan sekitarnya untuk berhati2 bepergian selama musim hujan ini... Apabila dilihat dari kondisi cuaca yang ekstrim saat ini di Jakarta, maka kemungkinan besar badai Katrina akan terjadi pada malam ini, tolong sebarkan informasi ini kepada org2 terdekat anda".

Tidak ada komentar:

Berita Terhangat | Promosikan Halaman Anda Juga
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...