Kamis, 12 Januari 2012

Jasad Kim Jong-il Akan Diawetkan

Jasadnya yang telah dibalsem akan diletakkan di samping ayahnya, Kim Il-sung
Jasad Kim Jong-il dalam keranda kaca

Pertanyaaan seputar bagaimana jasad Kim Jong-il akan dikebumikan terjawab sudah. Jasadnya tidak akan dikubur, melainkan dibalsem agar warga Korea Utara dapat selalu mengagumi dirinya dalam tubuhnya yang utuh.

Menurut kantor berita KCNA, dilansir oleh The Guardian, Kamis 12 Januari 2012, jasad Kim Jong-il yang telah dibalsem akan disemayamkan di samping ayahnya, Kim Il-sung, yang juga diawetkan. Jasad Jong-il akan dipajang di Kumsusan Memorial Palace, Pyongyang.

Praktek pembalseman pemimpin negara sebelumnya telah dilakukan pada Lenin di tahun 1924 dan Stalin pada 1953. Sebelumnya jasad Stalin diletakkan di samping Lenin di sebuah makan di Lapangan Merah Moskow, namun delapan tahun kemudian dipindahkan dan dikuburkan di samping tembok Kremlin. Selain Stalin dan Lenin, jasad pemimpin China Mao Zedong dan pemimpin Vietnam Ho Chi Minh juga dibalsem.

Untuk melakukan pembalseman, perlu dilakukan penyedotan darah hingga tetes terakhir. Proses ini bisa berlangsung selama setahun dan memakan biaya yang sangat mahal. Untuk pembalseman Kim Il-sung 1994 lalu, biaya yang dikeluarkan diperkirakan mencapai US$1 juta.

Pada pembalseman Kim Il-sung, didatangkan para ahli stuktur biologis dari Moskow, Rusia. Untuk Kim Jong-il, belum diketahui siapa yang akan melakukan pembalseman. Diperkirakan, Korut kini telah memiliki ahli dalam bidang ini.

Pembalseman ini diduga dilakukan untuk mengokohkan citra Kim Jong-il sebagai "pemimpin abadi." Selain itu, pemerintah Korut juga akan mendirikan patung Jong-il, menara yang disebut "menara keabadian," dan memasang foto dirinya dalam ukuran besar di berbagai wilayah di negara tersebut.

Tidak ada komentar:

Berita Terhangat | Promosikan Halaman Anda Juga
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...