Sabtu, 24 Desember 2011

Karena Kindle Fire, Apple Siapkan iPad Mini?

Sebuah sumber menyebut Apple siap merilis tablet berukuran 7,85 inch.
Apple iPad 2 (GSM Arena)
Apple dikabarkan mulai mengantisipasi sejumlah tablet pesaing yang berukuran 7 inch. Kehadiran tablet 7 inch seperti Amazon Kindle Fire, Nook, dan Samsung Galaxy Tab, rupanya membuat Apple mulai khawatir dominasinya di pasar tablet akan tergeser.

Sebuah sumber yang dirilis DigiTimesmengatakan, Apple akan meluncurkan iPad 7,85 inch sebelum kuartal keempat tahun 2012, selain iPad 3 yang dijadwalkan akan dirilis pada akhir kuartal pertama. Rumor ini disinyalir karena Apple mulai merasakan tekanan oleh meningkatnya penjualan Kindle Fire.

Sebelumnya, Apple memang telah disarankan untuk mengembangkan iPad 7.85 inchi, dengan membeli layar 7,85 inch panel dari LG Display. Apple juga disebut akan membeli panel dari AU Optronics (AUO).

Sumber tersebut menambahkan bahwa para pembuat manufaktur saat ini memang cenderung untuk memulai produksi 7,85 inch pada akhir kuartal kedua 2012.

Rumor ini muncul hanya beberapa hari setelah Amazon memamerkan keberhasilan penjualan Kindle Fire, tablet yang jauh lebih murah dibanding iPad. Amazon mengklaim telah menjual satu juta Kindle dalam seminggu selama tiga minggu terakhir. Di antara keluarga Kindle, Fire adalah yang paling populer.

Bahkan, Kindle Fire telah menjadi produk penjualan terbaik di Amazon sejak diperkenalkan pada bulan September lalu. Murahnya Kindle Fire itu dilihat sebagai pengubah ritme permainan dalam persaingan di pasar tablet.

Pada November 2010, pendiri Apple Steve Jobs memang pernah menyangkal Apple akan membuat iPad dengan ukuran yang lebih kecil dari 9,6 inch. Apple, kata Steve Jobs, tidak tertarik membuat tablet dengan layar kecil.

Tapi Jobs sudah tidak ada. Kindle Fire pun menjadi ancaman yang semakin membuat Apple sulit untuk menafikan potensi pasar tablet.

Para analis awal pekan ini melaporkan bahwa perusahaan teknologi China telah pesimis karena kekurangan permintaan atas perangkat mahal ini. Para penjual Apple itu tidak sabar menunggu Apple mengembangkan iPad yang murah. Tentu ini akan menjadi sebuah dorongan bagi Apple untuk membuat iPad ukuran mini.

Analis menyebut, rumor ini menjadi bukti rentannya Apple terhadap kekuatan pasar dan selera konsumen. Padahal, selama bertahun-tahun Apple telah membentuk selera konsumen.

Steve Jobs memang memiliki kemampuan meramalkan dan ingin menunjukkan kepada orang apa yang mereka inginkan, dan selalu menempatkan desain menjadi prioritas utama.

Tidak ada komentar:

Berita Terhangat | Promosikan Halaman Anda Juga
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...