Sabtu, 19 Februari 2011

Ponsel Elektrokardiogram bagi Penderita Penyakit Jantung


Telepon seluler EPI Life buatan Ephone International Pte Ltd di Singapura didesain khusus untuk membantu para penderita penyakit jantung. Tak hanya menjadi alat berkomunikasi, perangkat tersebut juga dilengkapi elektrokardiogram mini untuk mengukur denyut jantung.

Di bagian bawah telepon seluler (ponsel) terdapat lambang hati. Jika ujung jari pengguna memencetnya kapan saja, denyut jantung langsung diukur. Hasilnya otomatis dikirimkan ke rumah sakit jaga 24 jam dan akan langsung ditanggapi.
"Anda mendapatkan jawaban normal hanya berupa SMS (pesan singkat). Jika mengkhawatirkan, Anda akan langsung mendapat jawaban suara, 'Pak, sebuah ambulans sedang menuju ke sana'," kata Dr Chow U-Jin, Kepala Bagian Media EPI, di sela-sela Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol, 14-17 Februari 2011.

Saat ini ponsel EPI Life baru disediakan di Singapura dan bekerja sama dengan tiga rumah sakit. Harga satu unit tergolong mahal, sekitar 700 dollar AS, dan baru tersedia 2.000 unit di pasaran.

Namun, sebagai alternatif lebih murah dan fleksibel, Ephone juga sedang menyiapkan elektrokardiogram mini berharga 99 dollar AS yang bisa terhubung ke smartphone lewat Bluetooth. Perangkat ini segera diluncurkan di Perancis dan Spanyol.

Tidak ada komentar:

Berita Terhangat | Promosikan Halaman Anda Juga
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...