Minggu, 13 Februari 2011

Dua Ponsel Facebook Dibuat INQ


Terjawab sudah siapa produsen handset yang digandeng Facebook dan mengambil peluang mendesain ponsel untuk memanjakan pengguna jejaring sosial tersebut. Bukan HTC Taiwan, tapi INQ, perusahaan manufaktur ponsel yang berpusat di London, mengumumkan kehadiran dua smartphone yang didesain untuk memaksimalkan fungsi Facebook, Kamis (10/2/2011).

Masing-masing diberi nama INQ Cloud Touch dan INQ Cloud Q. Secara umum spesifikasi kedua produk sama hanya yang membedakan modelnya. INQ Cloud Touch menggunakan layar sentuh, sementara INQ Cloud Q menggunakan layar sentuh dan keyboard QWERTY.

Keduanya menggunakan sistem operasi Android 2.2 atau Froyo. Namun, telah dikustomisasi dengan INQ Visual Media Feed bergaya Facebook sehingga tak terlalu kentara kalau berbasis Android. Keduanya adalah ponsel pertama yang menggunakan user interface berbasis Facebook Social Graph API. Semua fungsi Facebook tersedia.

Juga ada tombol cepat untuk akses Facebook Chat, Friends, Messages, Wall, dan NotificationFacebook Places juga sudah ada. Facebook Events terintegrasi ke Google Calendar. Ada banyak widget untuk menampilkan daftar status teman, agenda, foto, serta kemudahan melakukan sharing teks dan file multimedia lainnya.

Selain itu, music player yang digunakan adalah Spotify yang menyediakan langganan streaming lagu tanpa batas. Namun, di negara yang tidak mendukung layanan ini akan diarahkan ke aplikasi standar.

Prosesor yang digunakan keduanya adalah Qualcomm MSM7227 600 MHz. Koneksi jaringan mendukung HSPA dan qud band GSM/EDGE, WiFi, Bluetooth, dan GPS. Keduanya juga dilengkapi akselerometer, bermacam sensor, kompas, serta kamera 5 MP. Konon desainnya terinspirasi Startroopers of Star Wars dan Eve di WALL-E.

INQ Cloud Touch menggunakan layar sentuh selebar 3,5 inci dengan resolusi 320 x 480 piksel. memori internalnya cuma 4 MB, namun didukung memori eksternal 4 GB dalam paket penjualannya. Sementara INQ Cloud Q menggunakan layar 2,6 inci.

Tapi, bersabarlah kalau ingin mendapatkannya. INQ baru akan merilisnya pada kuartal ketiga 2011 di Inggris dan menyusul negara lainnya. Harganya diperkirakan sekitar 250 dollar AS dan tersedia dalam pilihan warna hitam, putih, dan merah.

Tidak ada komentar:

Berita Terhangat | Promosikan Halaman Anda Juga
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...