Minggu, 20 Februari 2011

Kini, Koki Robot Gantikan Koki Manusia


Pengunjung restoran cepat saji di Shanghai, China, terkejut ketika melihat dua robot menyajikan makanan mereka. Seperti apa?

Koki robot di restoran Wishdoing bisa memasak makanan lezat China dalam tiga menit. Para pekerja tinggal menekan tombol pada robot untuk memilih menu dan robot itu akan menampilkan nama bumbu dan jumlahnya. Secara penampilan, robot ini seperti dapur raksasa dilengkapi wajan besi.

Pejabat bermarga Ma yang bekerja di induk perusahaan Shanghai Qi Ding Food Development Co. mengatakan, meski robot ini berharga 200 ribu yuan (Rp 208 juta), rantai makanan cepat saji di China berencana menggunakan robot ini di 100 gerai di seluruh negeri.
Sebelumnya, robot ini telah dipamerkan di Shanghai World Expo pada 2010 dan berhasil menarik banyak perhatian orang.

“Kami yakin robot koki ini akan menjadi tren di masa depan untuk industri masakan cepat saji karena robot ini menjamin emisi karbon rendah, keamanan makanan dan rasa standar yang tak berubah antar outlet,” kata Ma.

Kedatangan robot ini menjadi perhatian beberapa koki manusia. Koki-koki khawatir akan kehilangan pekerjaan karena adanya robot itu. Namun Ma mengatakan, kekhawatiran itu tidaklah perlu.

“Koki robot akan menjadi bagian restoran, namun tak berarti metode memasak tradisional ditinggalkan,"

Tidak ada komentar:

Berita Terhangat | Promosikan Halaman Anda Juga
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...