Kamis, 02 Desember 2010

Printer Sudah Bisa Cetak Gambar 3D



Teknologi tiga dimensi (3D) telah merambah ke berbagai perangkat, mulai dari TV hingga perangkat game. Yang terbaru, kini ada pula printer yang bisa mencetak dalam format 3D. Seperti apa printer tersebut?


Pastinya, sudah terbayang jika printer ini tak seperti printer biasa yang mengeluarkan hasil cetakan dalam bentuk lembaran kertas. Sesuai dengan namanya, printer 3D membangun sebuah objek dari lapisan bahan tipis serupa plastik. Dengan demikian, hasil cetakan printer 3D akan berwujud sebuah benda yang memiliki dimensi panjang, lebar dan tinggi.


Dilansir situs Twin Cities, Rabu (1/12/2010), teknologi printer 3D ini dimanfaatkan oleh para siswa jurusan desain sekolah menengah Highland Park, di St. Paul, Amerika Serikat. Mereka berkesempatan menjajal teknologi baru tersebut beberapa pekan silam untuk merancang objek 3D di komputer dan langsung melihat hasil rancangan mereka dalam bentuk benda yang dapat mereka genggam.


Namun dalam hal cara kerja, printer 3D memang memerlukan waktu yang cukup lama. Salah satu siswa bernama Jason Crabtree mengatakan, dibutuhkan waktu sekitar delapan jam bagi printer 3D untuk membangun objek 3D yang dirancangnya. 'Saya sempat khawatir hasil rancangan saya tidak akan keluar,' kata Crabtree.

Tidak ada komentar:

Berita Terhangat | Promosikan Halaman Anda Juga
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...