Minggu, 26 Desember 2010

Tujuh Cara Menggunakan Lensa Kontak Yang Tepat

Tidak sedikit wanita yang beralih dari kacamata ke lensa kontak karena praktis dan tidak menganggu penampilan. Namun, dengan kontak lensa ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar terhindar dari masalah mata.

Walau praktis dan tidak menganggu penampilan, lensa kontak memiliki masalah tersendiri jika Anda tidak mengikuti instruksi saat pemakaian dan perawatannya. Berikut tujuh cara yang sebaiknya dilakukan untuk menghindari masalah pada lensa kontak, seperti dikutip dari Health24.

1. Ikuti instruksi dalam membersihkan lensa kontak dengan teliti untuk mencegah terjadinya infekasi pada mata.

2. Cuci tangan hingga bersih dan kering sebelum memegang lensa kontak. Ingatlah untuk tetap menjaga kebersihan tempat lensa kontak dan jangan pernah menggunakan air mentah biasa untuk menyimpan lensa kontak.

3. Jangan digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama dari yang dibutuhkan, untuk mengurangi risiko infeksi. Serta jangan lupa untuk melepaskannya saat tidur, karena jika tidak lensa kontak akan kering serta menempel pada mata dan ini berbahaya.

4. Selalu membawa tempat lensa kontak yang berisi cairan khusus dan botol tetes cairan lensa kontak untuk melembabkan mata jika ada keadaan darurat.

5. Mengganti lensa kontak sesuai dengan jangka waktunya.

6. Gunakan lensa kontak sebelum mengaplikasikan make up pada mata untuk mencegah make up masuk ke lensa. Ganti make up setiap 3 sampai 6 bulan untuk mengurangi risiko infeksi.

7. Kunjungi dokter mata secara teratur setidaknya setahun sekali.

Sebaiknya bagi pengguna lensa kontak selalu membawa kacamata, sebagai cadangan jika suatu saat lensa kontak yang digunakan jatuh atau robek saat akan melepaskannya atau memakainya.

Jika saat menggunakan lensa kontak merasa tidak nyaman, timbul kemerahan atau penglihatan menjadi berbayang, maka segera lepas lensa kontak tersebut. Dan jika gejala ini masih terus berlangsung beberapa jam setelah lensa kontak dilepas, segera konsultasikan dengan dokter mata untuk mengetahui penyebabnya.

Tidak ada komentar:

Berita Terhangat | Promosikan Halaman Anda Juga
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...