Jumat, 05 November 2010

Olahraga Ini Bikin Anak Cerdas



Acara televisi dan video games adalah sahabat kebanyakan anak-anak zaman sekarang.


Mereka lebih betah menghabiskan waktunya di depan televisi atau komputer daripada melakukan aktivitas lainnya. Padahal kegiatan tersebut kurang baik untuk perkembangan otak, mental maupun fisik anak.


Pada usia pertumbuhan, anak-anak punya banyak energi dan perlu penyaluran yang tepat. Mereka perlu kegiatan yang menstimulasi perkembangan otak dan fisiknya. Selain itu, anak zaman sekarang memiliki tingkat risiko stres yang sangat tinggi.

Yoga bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi hal itu. Para ahli kesehatan mengungkapkan, yoga tak hanya baik untuk orang dewasa tapi juga bisa dipraktikkan anak-anak.

“Yoga bisa membantu anak-anak menyalurkan energi mereka yang sangat besar dengan cara yang lebih tenang,” kata Laura Whitesides, pelatih yoga di Redondo Beach, California, Amerika Serikat.

Menurut Whitesides, anak-anak yang melakukan yoga akan memiliki kemampuan lebih besar dalam beberapa hal, misalnya pemahaman, ingatan, konsentrasi, kreativitas, pengendalian emosi, bersosialisasi, dan penerimaan diri.

Berbeda dengan gerakan yoga untuk orang dewasa, gerakan yoga anak-anak lebih dikreasikan seperti permainan yang atraktif. Gerakannya biasanya diungkapkan dalam bentuk cerita seperti dongeng. Latihannya pun didukung dengan iringan musik yang sesuai jalan cerita.

Selain untuk tujuan menyalurkan energi dan emosi, yoga pada anak juga banyak diterapkan untuk terapi kesembuhan yang menyangkut fisik. Selain itu, yoga juga membantu anak-anak yang mengalami masalah obesitas. Tapi harus dikonsultasikan dengan dokter anak gerakan yoga apa saja yang boleh dan tidak boleh dipraktikkan.

Whitesides menjelaskan, teknik yoga ini juga bisa dipraktikkan oleh sekolah-sekolah untuk mengatasi anak-anak bermasalah.

“Anak-anak bermasalah biasanya punya energi terlalu besar tapi disalurkan dengan cara yang salah,” kata Whitesides.

Tidak ada komentar:

Berita Terhangat | Promosikan Halaman Anda Juga
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...