Selasa, 23 November 2010

Dua Langkah Bebas Stres Kala Terjebak Macet


Jakarta, Soal macet di Jakarta, sudah bukan rahasia. “Saya harus bangun lebih pagi agar tidak terjebak kemacetan,” ungkap Maman yang berdomisili di Bojong Sari Depok.

Menurut Drs. Sugeng Astanto. MPsi, pengamat psikologi sosial dan staf pengajar di Institut Ilmu Sosial Ilmu Politik (IISIP) Jakarta stres akibat kemacetan bisa mengubah tingkah laku terhadap keluarga. “Paling mudah mengatasinya berbagi atau curhat kepada istri atau orang terdekat apa yang dialami selama di perjalanan,” jelasnya.

Lantas, bagaimana menyikapinya? Berikut langkah antisipatif yang diungkapkan Jusri Pulubuhu instruktur safety riding Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

Kemacetan Lalu Lintas
Kemacetan Lalu Lintas

1. Rencanakan Perjalanan

Pre-Drive Preparation

Pengemudi harus menyadari bahwa kemacetan di ibukota adalah hal yang biasa, maka lakukan segala kemungkinan yang terjadi semisal ke kamar kecil terlebih dahulu (ini sering jadi masalah besar ketika tidak tertahan) dan siapkan segala sesuatu yang mungkin diperlukan. Seperti sebotol air mineral atau sebungkus makanan kecil di dalam mobil. Manakala situasi menjadi emergency ini akan menolong Anda.

Rute

Rencanakan rute yang akan dilewati, sebelum bergerak monitor segala saluran radio yang memiliki siaran kondisi traffic. Hindari area-area terminal, sekolah, mal-mal atau pun tempat hiburan. Hindari ruas-ruas bottle neck atapun traffic light yang sering mati termasuk ruas-ruas jalan yang jadi langganan banjir walaupun kenyataannya harus memperpanjang jarak tempuh.

Waktu

Kadang kita lupa memberikan spare waktu. Sebaiknya Anda tiba di tempat tujuan lebih awal bilamana memiliki janji ketimbang terlambat. Misal rute yang sama sehari-hari (kondisi normal) kita tempuh 1 jam, andai ada janji atau kondisi alam sedang hujan, akan bergerak pada jam-jam sibuk maka sediakan waktu perjanan antara 2 – 2,5  jam lebih awal.

2. Driving Style

Dressing

Sebaiknya gunakan pakaian yang tidak terlalu ketat, jika menggunakan dasi kendorkan terlebih dahulu. Jika Anda seorang wanita, gunakan sepatu yang bersol rendah saat mengemudi. Jika tidak, pada kondisi stop and go akan menyebabkan ketegangan yang tinggi pada otot-otot kaki dan betis.

Posture

Pada dasarnya selain posture harus ergonomic, tidak kaku dan anggota badan kelenturanya harus dapat diakomodir dengan baik. Caranya dada jangan terlalu dekat lingkar kemudi, indikatornya kedua tangan pada posisi lurus diletakkan pada posisi pukul 09.00–03.00 dengan sudut 135o. Lalu kedua kaki jangan terlalu menekuk dan juga jangan terlalu jauh dari pedal-pedal.

Cabin Enviro

Maksudnya bagian compartment penumpang juga harus dapat memberikan suasana yang menyenangkan. Barang-barang tidak berserakan. Pada situasi terjebak macet, kondisi di ruang kabin akan mempengaruhi.

Tidak ada komentar:

Berita Terhangat | Promosikan Halaman Anda Juga
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...