Rabu, 03 November 2010

Kegunaan Lain Dari Minyak Sayur



Menjalani kebiasaan di rumah yang ramah lingkungan tak sulit. Anda bisa menggunakan bahan alami untuk menggantikan penggunaan zat kimia. Pembersih peralatan rumah tangga misalnya, jika sebelumnya Anda menggunakan sabun atau deterjen, cobalah ganti dengan aneka minyak.
Minyak sayur, minyak zaitun, atau minyak dari bunga matahari bisa menyingkirkan debu, menghilangkan goresan pada berbagai barang di rumah.
"Bahkan minyak ini bisa melembabkan kayu yang sudah tua atau kering karena terlalu banyak terkena sinar matahari," kata Linda Mason Hunter, penulis buku Green Clean.
Apa saja yang bisa dibersihkan minyak sayur, minyak zaitun, atau minyak bunga matahari?

1. Panci. Campurkan minyak sayur dengan satu sendok teh garam kasar. Gunakan campuran minyak ini untuk membersihkan sisa masakan yang menempel pada panci. Lalu bilas dengan air panas.

2. Cat yang menempel pada tangan. Gosokkan minyak sayur pada tangan yang dipenuhi cat. Lalu bilas dengan sabun. Setidaknya Anda tak perlu menghabiskan banyak sabun untuk menghilangkan cat dari tangan Anda dengan cara ini.

3. Sepatu kulit. Pertama-tama, bersihkan kotoran pada sepatu kulit dengan spons basah. Lalu ambil kain berbahan lembut, berikan satu tetes minyak sayur, lalu gosokkan di permukaan sepatu untuk menghilangkan goresan.

4. Furnitur dari rotan atau bambu. Gunakan kain yang ditetesi minyak sayur atau minyak bunga matahari untuk menggosok furnitur dari rotan dan bambu. Gosokkan perlahan untuk mencegah rotan dan bambu dari kekeringan atau retakan. Agar hasilnya lebih maksimal, hangatkan minyak terlebih dahulu sebelum digunakan.

5. Peralatan stainless-steel. Agar perabot rumah tangga dari stainless-steel lebih mengilap, gosok dengan kain lembut yang ditetesi minyak zaitun.

6. Furnitur dari kayu. Buatlah ramuan pembersih alami untuk menghaluskan perabot rumah dari bahan kayu. Caranya, campurkan dua cangkir minyak zaitun atau minyak sayur dengan sari buah lemon (satu buah lemon). Gunakan kain lembut untuk menggosokkan furnitur kayu dengan ramuan pembersih alam ini.
 
 

Tidak ada komentar:

Berita Terhangat | Promosikan Halaman Anda Juga
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...