Jumat, 03 Desember 2010

Perawatan Kulit Dari Dalam



Jakarta, Ahli kulit Amerika Dr. Jeannette Graf mengatakan “ Setiap hari anda membuat keputusan yang sangat mempengaruhi kulit anda di masa datang” yang artinya kita bisa mengendalikan penampilan kulit kita di masa yang akan datang.

Penuaan kulit akan muncul secara alami pada saat umur kita sudah mulai tua. Ini merupakan proses genetic yang kita kenal sebagai “ penuaan internal “ menyebabkan menipisnya kulit, hilangnya elastisitas , lebih nyatanya garis-garis expresi pada wajah dan munculnya keriput. Banyak factor seperti sinar UV, asap rokok, dan makanan tidak sehat sangat mempengaruhi semakin nyatanya tanda-tanda penuaan dan kesehatan kulit yang buruk.

Dengan mengkombinasikan perawatan kulit yang tepat , kebiasaan, dan diet akan memberikan dampak yang baik bagi kulit anda , Dr.Graf mengatakan bahwa kulit anda memerlukan nutrisi, hidarasi, perlindungan dan perawatn yang rutin untuk dapat menghasilkan kulit yang lembut dan sehat.

1.Perawatan yang tepat
Kulit anda menghadapi terpaan dari sinar matahari dan polusi . Polusi bisa menyebabkan kerusakan kulit tapi menurut Dr .Graf penyebab utama dari kerusakan kulit adalah sinar matahari. Sinar ultraviolet dari matahari yang mengenai kulit akan merusak kolagen, elastisitas kulit dan menyebabkan keriput, bintik-bintik dan kulit kendur.

Untuk melindungi kulit anda dari pengaruh buruk lingkungan pilihlah rangkaian perawatan kulit yang meliputi exfoliasi regular, hidrasi, meminimalisasi iritasi dan memgandung antioxidans. Pelembab yag baik membantu kulit anda unruk menyerap air dan menyediakan perlindungan terhadap sinar matahari .

Untuk perawatan kulit berjerawat dan obat jerawat sebaiknya menggunakan produt yang mengandung salicylic atau alphalipoic acid karena sangat efektif untuk penyembuhan jerawat . Aloe dan chamomile Aloe dan chamomile berfungsi untuk meringankan iritasi dan menenangkan kulit. Antioxidant seperti yang ditemui pada Vitamin C, vitamin E, teh hijau , dan ekstrak biji anggur berfungsi melindung kulit dari radikal bebas secara optimal.

2. Kebiasaan yang benar
Walaupun kita tidak terkena paparan sinar matahari tapi secara mekanik, kulit kita tetap mengalami penuaan . Dr. Graf merekomendasikan untuk mengubah beberapa kebiasaan kita seperti

a). jangan sering menjulingkan mata
b). jangan terlalu sering minum dengan menggunakan sedotan
c). jauhkan tangan anda dari wajah anda (jangan sering –sering menyentuh wajah).
d). jangan sering mengeyitkan kening
e). jangan sering mentautkan alis
f). jangan sering cemberut

Gerakan yang berulang-ulang ini akan membuat kulit menjadi aus dan menyebabkan timbulnya garis dan kerut.

Dengan sedikit usaha anda dapat mencegah timbulnya garis-garis kerut pada wajah anda hanya dengan menghilangkan beberapa kebiasaan di atas.

3. Diet yang tepat
Diet yang tepat bukan hanya dengan memakan makanan-makanan sehat tapi juga diperlukan konsumsi supplement vitamin dan mineral.

Studi Nutrisi memperlihatkan bangaimana makanan yang benar dan supplement harian sangat penting untuk memiliki kulit yang sehat.

Dr. Nicholas Perricone, penulis dari “ The Wrinkle Cure”, merekomendasikan “anti – inflammation diet “ (diet anti- iritasi ) yaitu sayuran , buah dan banyak makan ikan. “ Dengan mengatur apa yang kita makan” , beliau berkata “ kita juga mengontrol dan meminimaliasi iritasi “. Tingkat iritasi yang tinggi adalah formasi dari terbentuknya kerutan dan tanda-tanda penuaan. Itu adalah respon alamiah dari tubuh jika ada yang tidak beres pada tubuh kita.

Bagaimana pun pola makan yang sehat dapat dipastikan dapat mencegah proses normal ini menjadi over aktif. Menurut pakar nutrisi Mary Meck Higgins , ikan mengandung asam lemak yang dapat melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari . (“ The Good Skin Diet” Bella, Jan 2003 hal 14 ). Hasil studi memperlihatkan bahwa orang-oran yag memiliki kulit indah pada masa tuanya kebanyakan mengkonsumsi banyak ikan dan makan-makanan yang mengandung Vitamin A ,beta carotene,Vitamin B , vitamin C, Vitamin E, selenium dan zinc.

Bayangkan – kulit yang halus , cerah dan bersinar ..
Keputusan tepat yang nda ambil sekarang akan membuat perbedaan yang besar untuk kulit anda di masa datang. Saat anda mengontrol perawata kulit anda dengan cara yang tepat, kebiasaan dan diet yang benar kulit anda akan terlihat cantik di masa-masa mendatang.

Tidak ada komentar:

Berita Terhangat | Promosikan Halaman Anda Juga
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...