Kamis, 02 Desember 2010

Aplikasi-aplikasi Pintar Jigsaw



Sebuah apliksi ponsel pinter bernama Jigsaw bisa memantau semua pergerakan dari pengguna. Aplikasi ini bekerja dengan memantau mikropon ponsel pengguna, GPS, dan akselerometer untuk pola karakter dari aktifitas rutin pengguna. Aplikasi tersebut juga bisa di-set untuk mengirimkan hasil pantauan tersebut ke situs jejaring sosial.


'Aplikasi Jigsaw dapat memberitahu seberapa sibuknya seorang pengguna, menghasilkan catatan yang dapat digunakan untuk dokter atau pelatih fisik. Algoritma pengenalan pola pada aplikasi ini dapat mengidentifikasi lebih luas sebuah perilaku, membuatnya bisa memantau perilaku yang lebih detil dibandingkan dengan aplikasi-aplkasi serupa,' ujar Hong Lu di Dartmouth College di Hanover, New Hampshire, yang mengembangkan aplikasi tersebut dengan kolaborasi bersama Nokia Research Centre di Palo Alto, California. Demikian seperti yang dikutip dari New Scientist, Senin (29/11/2010).


Sebagai contoh, hasil pantauan dari aplikasi Jigsaw yang dihasilkan ketika pengguna sedang berjalan tergantung pada apakah ponsel berada di dalam celana atau saku jaket, jadinya software di aplikasi tersebut bisa mengenali kedua pola. Informasi dari sensor lainnya membantu menegaskan aktivitas pengguna lebih jauh.


Semakin aktif pengguna, semakin sedikit aplikasi Jigsaw bekerja. 'Penggunaan aplikasi Jigsaw bisa selama 12 jam dari pemakaian baterai ponsel. Jadi pengguna bisa dipantau aktivitasnya dari pagi sampai malam dengan hanya sekali mengisi ulang baterai ponsel. Tanpa smart power management, pemakaian aplikasi ini bisa menguras baterai ponsel hanya dalam waktu 6 jam,' kata Lu.


Jigsaw tidak mengirim data mentah ke server sehingga data-datanya bisa disimpan di memori ponsel. Lu yang bulan ini mempresentasikan aplikasi ini di ACM Conference on Embedded Networked Sensor System di Zurich, Swiss, berkata bahwa hal ini dilakukan dalam menanggapi isu privasi konten yang saat ini sangat sensitif. Aplikasi Jigsaw, yang rencananya akan diluncurkan tahun depan ini, bisa dioperasikan pada iPhone dan ponsel pintar Nokia.

Tidak ada komentar:

Berita Terhangat | Promosikan Halaman Anda Juga
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...