Minggu, 02 Mei 2010

Dunia Mini Shanghai Dimulai

11:11 | Saturday, 1 May 2010
Dunia Mini Shanghai Dimulai,  DIBUKA: Kembang api menerangi langit saat upacara pembukaan Expo Dunia 2010 di Shanghai, Jumat (30/4). Pemimpin dunia berkumpul di Shanghai. Kota ini menggebrak Expo Dunia dengan upacara pembukaan bertabur bintang yang berakhir dengan pesta kembang api besar-besaran.//AFP PHOTO / PHILIPPE LOPEZDIBUKA: Kembang api menerangi langit saat upacara pembukaan Expo Dunia 2010 di Shanghai, Jumat (30/4). Pemimpin dunia berkumpul di Shanghai. Kota ini menggebrak Expo Dunia dengan upacara pembukaan bertabur bintang yang berakhir dengan pesta kembang api besar-besaran.//AFP PHOTO / PHILIPPE LOPEZ
SHANGHAI-Presiden Tiongkok Hu Jintao resmi membuka perhelatan akbar World Expo 2010 di Shanghai, Jumat (30/4). Rangkaian upacara pembukaan yang diawali dengan parade dan berujung pada pesta kembang api itu disaksikan oleh para pemimpin negara dan selebriti kelas dunia.
Total 189 negara memarakkan event bertajuk Better Ciry, Better Life yang bakal berlangsung enam bulan tersebut. “Shanghai World Expo 2010 resmi saya buka,” seru Hu begitu lagu kebangsaan Tiongkok usai berkumandang. Bersamaan dengan itu, bendera masing-masing negara dikibarkan di lokasi pameran.
Sampai 31 Oktober mendatang, 189 negara peserta akan memamerkan budaya dan teknologi mereka di paviliun (arena pamer) masing-masing. Lokasi pameran pun serasa menjadi dunia mini dengan negara-negara mungil di dalamnya. Shanghai World Expo diharapkan bisa menarik perhatian sekitar 70 juta pengunjung.
Setelah resmi dibuka kemarin, gerbang Shanghai World Expo akan dibuka untuk umum mulai hari ini. Masing-ma-sing negara peserta akan berebut menarik perhatian sebanyak mungkin pengunjung. Karena itu, mereka mendandani paviliun semenarik mungkin. Maka, wajar jika Denmark sampai mengusung patung Little Mermaid secara khusus dari Kopenhagen hanya demi membuat pengunjung terkesima.
Tak mau kalah dengan Denmark, Prancis pun sengaja memajang lukisan-lukisan impresionis dan patung beraliran Rodin ke paviliunnya. Sedangkan, Italia menampilkan karya-karya sang master Renaissance, Michelangelo Merisi da Caravaggio di paviliunnya. India yang identik dengan film Bollywood-nya pun menampilkan bintang-bintang utama mereka di arena pamer seluas 5,3 km per segi tersebut.
“Kami siap membuat dunia terpesona,” tandas Ignatius Jones, direktur artistik Shanghai World Expo, kepada Agence France-Presse. Kali ini, perhelatan akbar yang menelan dana sampai CNY 400 mi-liar (sekitar Rp 527,9 triliun) tersebut sengaja dirancang sebagai media aktua-lisasi negara. Maka, negara-negara peserta pun berusaha menghadirkan kekhasan masing-masing di paviliun mereka.
Selain Presiden Prancis Nicolas Sarkozy dan istrinya, sekitar 19 pemimpin dunia dan politisi penting hadir dalam upacara pembukaan. Termasuk Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak dan Komisioner Uni Eropa (UE) Jose Manuel Barroso. Sederet bintang internasional juga menyemarakkan upacara pembukaan kemarin. Di antaranya, bintang film laga asal Hongkong Jackie Chan dan penyanyi tenor Italia Andrea Bocelli.(hep/dos)
Foto Pembukaan Expo Shanghai 2010 :


Tidak ada komentar:

Berita Terhangat | Promosikan Halaman Anda Juga
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...