Rabu, 05 Mei 2010

Acara Ritual Bakar Tongkang


Ritual Bakar Tongkang Bagan Siapi api.


A. Selayang Pandang

Ritual Bakar Tongkang/Perahu (go ge cap lak) merupakan salah satu wisata budaya tahunan yang menjadi andalan Kabupaten Rokan Hilir dan Provinsi Riau. Bahkan telah masuk dalam agenda kunjungan wisata Indonesa 2008. Ritual khas warga keturunan Tionghoa Bagan Siapiapi ini digelar setiap tanggal 15 dan 16, bulan kelima Imlek menurut hitungan kalender Cina.

Sehari sebelum ritual digelar, tongkang bersama dengan replikanya yang terbuat dari kertas diarak beramai-ramai menuju klenteng tertua di Bagan Siapiapi untuk diinapkan semalam. Keesokkan harinya, tongkang dibakar beramai-ramai di lapangan terbuka.

Bagi sebagian orang, ritual tersebut digunakan untuk melihat peruntungan bisnis pada tahun berikutnya. Bila tiang tongkang sesudah prosesi pembakaran menghadap ke laut, maka bisnis lebih banyak diarahkan ke laut. Sebaliknya, bila menghadap ke darat, maka bisnis lebih banyak difokuskan ke darat. Ada yang berpendapat bahwa ritual bakar tongkang adalah ekspresi rasa syukur kepada dewa-dewa yang telah melimpahkan kebaikan. Pendapat lain mengatakan bahwa ritual itu merupakan ekspresi keteguhan hati menjadikan daerah tempatan sebagai tanah air sekaligus bentuk penegasan diri untuk tidak kembali lagi ke tanah asal leluhur.

B. Keistimewaan

Ritual Bakar Tongkang di Kota Bagan Siapiapi sangat unik dan merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia. Pengunjung dapat menyaksikan berbagai atraksi yang kental dengan pernak-pernik etnis Tionghoa. Dalam acara tersebut, pengunjung dapat menyaksikan tari barongsai, opera, tari-tari tradisional khas keturunan Tionghoa, dan pertunjukan musik modern dengan mendatangkan artis-artis terkenal dari ibukota, bahkan ada yang didatangkan dari luar negeri.

C. Lokasi

Ritual Bakar Tongkang terdapat di Kota Bagan Siapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, Indonesia. Kota Bagan Siapiapi berjarak sekitar 300 kilometer arah utara Kota Pekanbaru, ibukota Provinsi Riau. 






Tidak ada komentar:

Berita Terhangat | Promosikan Halaman Anda Juga
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...