Sabtu, 27 Maret 2010

Di Planet Mars ada kehidupan ?

Banyak yang meyakini adanya kehidupan di Planet Mars. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya elemen dasar pendukung kehidupan di sana, yakni oksigen, air dan karbon. Beberapa foto yang diambil wahana penjelajah luar angkasa, juga turut memperkuat keyakinan itu. Berikut ini adalah tiga hal yang sempat menghebohkan dunia soal keberadaan makhluk di Mars.

1. Saluran di Mars.
Di sepertiga akhir abad 19, astronom Italia Giovanni Virginio Schiaparelli, melalui pengamatan dengan teleskop Merz 8,6 inci, melaporkan adanya saluran di permukaan Mars. Kebanyakan orang memahami saluran ini sebagai kanal-kanal air yang dibuat oleh sejenis makhluk cerdas. Kenyataannya, melalui pengamatan di observatorium di Flagstaff, Arizona diketahui saluran itu terbentu secara alami.
Saluran itu terlihat seperti kanal-kanal buatan karena masih rendahnya teknologi optik pada masa itu. Sumber kesalahan lain adalah ilusi optik yang muncul akibat cahaya matahari.

2. Wajah di Mars
Pada 25 Juli 1976 wahana pengorbit Viking 1, buatan NASA, mengambil gambar di daerah Cydonia, Mars. Gambar itu terlihat seperti sebuah wajah manusia raksasa yang tengah menatap langit.

Foto itu memancing kontroversi berkepanjangan. Banyak yang meyakini, fragmen itu adalah sebuah patung yang dibuat sejenis makhluk cerdas di Mars. Namun, kontroversi itu kemudian berakhir, ketika wahana Mars Express, memotret daerah tersebut. Melalui kamera beresolusi tinggi, diketahui fragmen itu tak lebih bentukan alam.
Citra wajah manusia yang sebelumnya difoto oleh Viking, sebenarnya terbentuk akibat perpaduan sinar Matahari yang datang dari arah tertentu dan dengan ketinggian tertentu. Hal tersebut menghasilkan bayangan benda yang memunculkan kesan menyerupai mulut, hidung dan mata manusia.

3. Sosok Alien di Mars
Beberapa waktu lalu kalangan astronomi dihebohkan dengan foto yang diambil wahana penjelajah Spirit di permukaan planet Mars. Pada gambar terlihat sosok mirip manusia yang duduk di atas batu. Tak pelak lagi, foto ini disebut-sebut sebagai bukti keberadaan makhluk di Mars. Namun, seperti yang sudah-sudah, hal ini pun terbantah. Menurut Dr. Phil Plait, astronom di NASA Education Resource Director, hal itu tidak benar. Bayangan sosok mirip manusia di foto itu merupakan fenomena pareidolia. Fenomena ini, menurut ilmu psikologi berarti kecendrungan seseorang untuk membandingkan sosok-sosok aneh dengan objek yang pernah dilihat. Mirip ketika kita melihat gambar hewan atau rumah di awan.

Tidak ada komentar:

Berita Terhangat | Promosikan Halaman Anda Juga
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...