Rabu, 05 Januari 2011

Tips Merawat Rambut Kombinasi

Jakarta, Memiliki rambut kombinasi, berminyak di bagian kulit kepala namun kering di ujungnya, merawatnya tidak segampang rambut normal. Jika rambut Anda jenis kombinasi, berikut tips untuk merawatnya, seperti dilansir enzine

- Keramas yang benar adalah cara pertama agar rambut kombinasi Anda tetap indah dan sehat. Saat keramas, jangan gunakan air panas untuk membasahi rambut karena bisa merusaknya. Gunakan air yang hangat-hangat kuku. 

- Jangan asal memilih produk perawatan rambut. Hindari menggunakan shampoo untuk rambut berminyak karena akan semakin merusak kondisi rambut kering Anda yang ada di bagian ujung. Pakailah shampoo untuk rambut normal.

- Stop memakai terlalu banyak shampoo saat keramas. Tuangkan shampoo secukupnya di kulit kepala dan rambut Anda dan biarkan cairan tersebut mengalir di sana. Jangan pernah menuangkan shampoo langsung ke ujung rambut karena akan menghilangkan seluruh minyak yang sebenarnya dibutuhkan di bagian tersebut. Kalau Anda merasa harus melakukannya, ambil busa yang ada di atas rambut dan gunakan untuk mencuci ujung rambut. Bilas shampoo dengan bersih, hingga terasa
tidak licin lagi di rambut.

- Setelah rambut bersih dari shampoo, pakailah conditioner. Untuk rambut kombinasi, jangan pakai conditioner tersebut langsung ke kulit kepala. Moisturizer yang terkandung di dalam kondisioner dapat menyebabkan kulit kepala lebih banyak mengeluarkan minyak. Pakai kondisioner di ujung rambut, lalu bilas dengan air dingin. Air dingin bisa mengunci moisturizer dan membuat rambut tidak terlalu banyak mengeluarkan minyak.

- Selain keramas, Anda yang memiliki rambut kombinasi juga perlu melakukan perawatan ekstra setidaknya seminggu sekali. Misalnya saja, pakailah pelembab rambut di bagian yang kering lalu tutup dengan handuk. Diamkan selama beberapa jam sebelum mencuci bersih rambut. Jika mau, kondisioner yang dipakai bisa diganti dengan minyak zaitun.

- Jangan lupa juga untuk rutin trim rambut setiap dua bulan sekali untuk memotong rambut yang pecah-pecah.

Tidak ada komentar:

Berita Terhangat | Promosikan Halaman Anda Juga
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...