Rabu, 15 Oktober 2014

3 Negara Muslim Terbesar di Dunia

Populasi umat Islam yang saat ini berjumlah lebih dari 1.6 miliar jiwa atau sekitar 23.4 persen dari total penduduk dunia menjadikan Islam sebagai agama dengan jumlah penganut terbesar di dunia.

Pertumbuhan jumlah umat Islam ini akan terus meningkat dan diperkirakan pada tahun 2030 jumlah muslim dunia sekitar 2.2 miliar jiwa atau sekitar 35 persen pada tahun tersebut.

Banyak negara di dunia ini yang bukan merupakan negara Islam, tapi mayoritas penduduknya beragama Islam.

Berikut adalah 3 negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia :

1. Indonesia (182.570.000 orang)

Indonesia adalah negara yang terletak di benua Asia sebelah tenggara.

Meskipun jauh dari negara asal agama Islam, namun penduduk yang menganut agama Islam di Indonesia sangatlah besar, yaitu sekitar 12,7 persen dari total Muslim dunia.

Indonesia merupakan negara muslim terbesar di seluruh dunia. Pada tahun 2010, penganut Islam di Indonesia sekitar 205 juta jiwa atau 88,1 persen dari jumlah penduduk. Muslim di Indonesia juga dikenal dengan sifatnya yang moderat dan toleran.
Islam pertama kali masuk ke Indonesia pada abad ke-7 melalui pedagang Arab. Pada tahun 30 Hijriyah atau 651 Masehi, hanya berselang sekitar 20 tahun dari wafatnya Rasulullah SAW, Khalifah Utsman ibn Affan RA mengirim delegasi ke Cina untuk memperkenalkan Daulah Islam yang belum lama berdiri.

Dalam perjalanan yang memakan waktu empat tahun ini, para utusan Utsman ternyata sempat singgah di Kepulauan Nusantara.

Beberapa tahun kemudian, tepatnya tahun 674 M, Dinasti Umayyah telah mendirikan pangkalan dagang di pantai barat Sumatera. Inilah perkenalan pertama penduduk Indonesia dengan Islam.

Sejak itu para pelaut dan pedagang Muslim terus berdatangan, abad demi abad. Mereka membeli hasil bumi dari negeri nan hijau ini sambil berdakwah.

2. Pakistan (134.480.000 orang)

Pakistan adalah sebuah negara yang terletak di Asia Selatan.

Dengan lebih dari 150 juta penduduk, nama Pakistan diambil dari awalan daerah Punjab, Afghanistan, Kashmir, Sind dan Baluchistan.

Sedangkan dalam bahasa Persi Pak berarti suci dan Stan berarti Negara, sehingga para pendiri Pakistan mengharapkan adanya negara suci menurut ajaran Islam.

Penduduk yang menganut Islam di negara ini adalah 11 persen dari jumlah Muslim dunia. Pada tahun 2010, penganut Islam di negara ini berjumlah sekitar 178 juta jiwa atau 96,4 persen dari jumlah penduduk.
Islam masuk ke negara ini pada masa khalifah Walid Bin Abdul Malik (705-715 M).

Kemudian, Islam terus mengalami perkembangan dengan dakwah dari para mubaligh, baik yang berasal dari Pakistan maupun mubaligh dari negara-negara lain. Islam dijadikan dasar negara Pakistan, pada tahun 1969.

Saat ini, Pakistan merupakan negara dengan mayoritas penduduknya adalah muslim.

3. India (121.000.000 orang)

India adalah negara yang terletak di Asia Selatan.

Negara yang bertetangga dengan Pakistan ini merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia dengan jumlah penduduk lebih dari 1 miliar jiwa.

Islam adalah agama terbesar kedua setelah agama Hindu (80.5%) di India.

Ada sekitar 174 juta muslim, atau 16.4% dari jumlah penduduk, dan sekitar 10.9 persen dari populasi Muslim dunia. Pada tahun 2010, 14.6 persen atau sekitar 177 juta jiwa penduduknya memeluk agama Islam.
Islam mulai masuk ke India sekitar abad ke-8 melalui daerah Sind.

Masuknya Islam ke negara ini dibawa oleh para pedagang Arab. Akan tetapi, pengaruh Islam di negara ini berkembang pesat sejak abad ke-13.

Ketika itu, kaum muslimin Islam mendirikan masjid New Delhi. Jalur dakwah yang ditempuh umat Islam di India antara lain melalui bidang pendidikan, dakwah, ekonomi, dan kebudayaan.

Sejak pengenalannya ke India, Islam telah membuat penyumbangan keagamaan, kesenian, filsafat, kebudayaan, kemasyarakatan dan politik kepada sejarah, warisan dan kehidupan India.

Yayasan atau organisasi-organisasi dakwah di bidang ini berkontribusi sangat signifikan bagi pembentukan citra positif dan peningkatan kualitas kaum muslim di India.

Tidak ada komentar:

Berita Terhangat | Promosikan Halaman Anda Juga
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...