Sabtu, 30 Oktober 2010

Software Pengenal Wajah di Ponsel Pintar

Bookmark and Share

Sejumlah peneliti dari Universitas Manchester mengembangkan piranti lunak untuk ponsel yang bisa melacak ekspresi wajah secara nyata. Pada akhirnya, sofware ini bisa memberikan informasi mengenai siapa si pengguna, apa yang mereka lihat, dan juga perasaan mereka.


Metode ini dipercaya menjadi rival utama untuk teknologi pengenalan wajah dan juga akurasi yang bisa menggantikan kata sandi, nomor PIN, untuk bisa mengakses internet melalui ponsel.

'Untuk mesin pengenal wajah yang sudah ada saat ini hanya bisa memberikan posisi dan juga skala dari wajah,' kata Dr Phil Tresadern, pemimpin proyek tersebut. Model terbaru ini bisa secara langsung membaca ekspresi wajah dengan menelusuri sejumlah titik wajah seperti mata, hidung, mulut, dan garis rahang.

'Seuah ponsel dengan kamera di bagian depan bisa mengambil wajah dan mengenali 20 jenis ekspresi wajah dan ini akan membuat pengenalan ekspresi wajah lebih akurat dan cara bary untuk berinteraksi dengan ponsel,' jelasnya, lagi.

Sebenarnya, maksud dari pengembangan pengenalan wajah ini adalah sebagian dari sistem verifikasi suara untuk aplikasi internet mobile seperti email, situs sosial pertemanan, bank secara online.

Saat ini pengenalan wajah sudah digunakan di laptop, webcam, dan juga Xbox 360 Kinect tetapi ini menjadi teknologi pertama yang digunakan untuk ponsel seperti ponsel pintar. Kini teknologi yang sudah dikembangkan selama 20 tahun sudah dicangkokkan ke Nokia N900.

Tidak ada komentar:

Berita Terhangat | Promosikan Halaman Anda Juga
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...